RSS

i left my hearts on jakarta

cukup lama memang gw tinggal di jakarta. ya, walaupun gw gk dari lahir di sini. gw di jakarta sejak TK. dan sampe sekarang, udah banyak banget pengalaman dan kenangan gw di jakarta tercinta ini. this is my hometown.

waktu TK, deket rumah sih. tapi dari dulu gw udah naik jemputan, gk dianter-anter nyokap. pas SD, melancong jauh ke pasar minggu, SD Pelita. ya cukup jauhlah untuk ukuran anak SD. dari kelas 1-6 tiap pagi gw dianter naik mobil sama nyokap. pulangnya, dari keals 1-5 gw naik jemputan, maklum rumah gw jauh dari akses angkot. barulah pertengahan kelas 5 gw naik angkot, bareng temen-temen gw.

jaman gw SD, gw main palingan gk jauh-jauh dari situ, ato rumah gw. biasanya ke rumahnya dani yang masih satu komplek sama SD gw, ato rumahnya mila di kav.polri, rumah yulia di kebagusan, rumah tika di ciganjur, rumah noni di kemenyan, ato rumah medin yang jarak 200m dari rumah gw hahaha. kebanyakan gw main ke yang rumahnya bisa dicapai dengan naik angkot sekali. selain itu, pernah juga pulangnya gk naik angkot yang mungcul dari depan sekolah, tapi ke pasarnya dulu baru naik 616. yulia tuh saat itu temen nekat gw hahaha. gw juga pernah naik angkot ke rumah tania di cirendeu! yaaaa nyasar sih -,- tapi abis itu jadi apal mampus jalan ke rumah tania. gw juga sering nginep di sana kan.

SMP, kehidupan gw pindah daerah. sekarang jadi pondok labu, SMPN 85. kelas 1 sih masih alim-alim aja. paling main ke rumah dona, naufal, astrid, amor, dll yang jalurnya 105. pernah juga deng ke rumahnya momon sama maya yang di ciputat. tetep sih tinggal naik angkot sekali dari pondok labu. kelas 2 gw sekelas sama retno, mia, ashri. sama mia gw pernah dateng ke HSK 34 taun 2007 kalo gk salah. pulang jam 12 malem hahaha. mulai ngocol. trus gw, retno, ashri adalah korean freak saat itu. kita tergila-gila bagnet sama dbsk. hampir tiap hari pulang sekolah main ke rumah ashri yang ada di pinang, sampe-sampe nyokapnya beliin mie instan sedus buat kita! hahaha. kelas 2 juga gw mulai kenal temen yang rumahnya jauh-jauh, kayak kanya. rumahnya di parung bingung! beuh udah jauh, naik angkotnya 2x pula. tapi kita segeng sering ke sana soalnya udah kayak beskem, rumahnya unik, ada rumah kecil terpisah di atas kolam renang. sejak itu, gw udah kenal berbagai arah berbeda dari rumah gw : pasming, cinere, parung, ciputat. di liburan kelas 2 itu juga gw pergi segeng ke anyer, naik mobilnya kanya, jeep merci gitu, yg nyetir temen kakaknya vani. makin muncul deh jiwa bepergian gw. kelas 3, gw ketemu sisca dan becca. kali ini beda, kita lebih sering nongkrong di sekolah sampe hampir maghrib. pernah juga main ke rumah becca di cilandak. ada aau, angga, dhefan, ryo, nate, yang semuanya menambah pengalaman dan kedewasaan gw. kita mulai "mandiri" di sini.

SMA, saat-saat paling berkesan gw. masih di daerah yang sama, pondok labu, SMAN 34. kelas 1 gw sekelas sama sisca. dulu belum moving, kelas X-1 sama X-2 terpencil di bawah. jadi kita sekelas solid banget. waktu kelas 1 gw sempet berkumpul dengan 6 orang yang doyan jalan, called Shocking Schecs. biarpun gk harmonis-harmonis amat sama mereka, tapi jujur mereka memberi gw banyak banget pengalaman! terutama pengalaman pertama! sama mereka, gw mulai sering nonton. ngegaul ke mana-mana. nginep di apartemen rasuna said, tiap jumat ke citos nonton bareng lucky, nambah daerah jajahan baru gw : blok m, tau daerah karang tengah, cpete, d'best, pertama kalinya naik busway jauh mungkin ya, ultah gw dikasih surprise, dll. baaaaanyak banget pengalamannya. trus kelas 2, lebih banyak lagi nih. pertama, entah gimana dan kenapa gw mulai deket sama rara. nyambung dari ke-up-date-an gw soal film di kelas 1, keals 2 gw juga banyak film yang mau gw tonton. saat itu gamebling sama siapa aja yang bisa, seminggu bisa 2x soalnya. dan suatu saat, gw inget pertama kali gw nonton berdua sama rara, film race to the wich mountain. trus coming soonnya bagus-bagus, pengen nonton inilah itulah, dan ternyata rara memiliki minat dan kesanggupan yang sama untuk nonton dengan gw! akhirnya sejak saat itu kita nontooon terus berdua, bahkan pernah sehari 2x hahaha. saat itulah gw deket sama rara ;) di kelas 2 ini juga mulai ada tradisi ngasih surprise dan kado + traktiran tiap ada yang ultah. JSA juga! haha. trus kelas 2 gw deket sama iki maria inten firman. ini juga, hampir tiap hari kita pergi. emang ya saat-saat kelas 2 pasti gitu, free. tiap hari adaaaaa aja. rumah inten lah, rumah maria lah, sevel lah, blok m, dll. trus gw pernah ke kathedral sama rara sisca, icekating rame-rame sama anak-anak, oya dapet guru magang jerman yg asik juga! dia ngajak ke goethe, pameran pendidikan dll. trus study tour yang paling penting! trus juga di kelas 2 itu gw pergi sama iki opal inten yudho ke slipi, sore menjelang malem, buat nonton endah n rhesa. tambah gaul pengetahuan gw soal daerah B) trus ke ancol jalan kali, dsb. oya kelas 2 juga ada acara paling spektakuler dalam hidup gw! pesta ulang taun gw hehehe. jangan lupa, kelas 2 gw jadian sama dewa hahaha. saat itu bener-bener gk ada beban, bener-bener 7 hari dalam seminggu gw ketemu dia! (sebelum pacaran lho). oya juga syuting film perancis! OMG it was very very amazing!

naaaah kelas 3 SMA, adalah saat-saat es campur gw. es campur? ya, seneng iya, sedih iya, stress iya, kesel iya, kecewa iya. selama kelas 3, full gw pacaran sama dewa. semester 1 gw masih sering pergi sana sini tiap minggu. kadang ama opal rara. oya, btw, dewa orang pertama yang ngajarin gw nonton di blitz lho waktu kelas 2! haha. kelas 3 kita ke mana-mana, foto huntiiiing terus. hunting makan sana sini. pergi-pergi paling jauh gw sama dewa mungkin. bintaro, bsd, senen, dll semuanya naik motor. it was amazing! hampir semua pengalaman gw dihabiskan sama dewa di taun ini. gw sampe bener-bener susah untuk inget, udah ke mana aja gw? soalnya semester satu bener-bener tiap minggu kita pergi, trus dilanjutin abis uan, sekitar april, kita pergi bisa seharian ke mana-mana. sangking banyaknya, kalo harus diinget gini susah, paling semuanya udah ada di postingan blog gw sebelumnya. yang jelas, sama dewa gw jadi tau hampir seluruh bagian jakarta selatan hahaha. apalagi kemang, beeuuuh dia rajanya! trus kelas 3 ini gw ketemu andi, dikhianatin temen, mati rasa, stress uan, kecewa undangan, ke tidung, dll deh. kelas 3 kalo diinget dari sisi jalan-jalan gw sama dewa, rasanya panjaaaaaaang banget. tapi kalo diinget dari sisi sekolah dan belajar gw, rasanya singkat banget -,-" jadi undescribeable deh. rasanya gk ada yang nempel di otak gw, satu kebanyakan, satu kecepetan hahahahahaha.

itulah sebagian memori-memori gw yang bisa gw ceritain selama gw di jakarta. ke bandung, hidup sendiri dimana gw bisa masak sendiri, ngurus jadwal sendiri, apa-apa sendiri emang impian gw. tapi kadang rasanya berat juga meninggalkan segala kemudahan dan kenyamanan yang ada di sini. yang jelas, gk ada mama yang sabar ngurusin gw, gk ada papa yang nganterin gw dari ujung ke ujung dunia. bahkan gw ngebut belajar motor instant karna di sana gw bawa kendaraan sendiri :'(

gw cinta jakarta. biarpun jakarta macet, panas, polusi, keras, dll, tapi inilah kota di mana gw dibesarkan, di mana gw tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, siap menerima segala keadaan, realistis, pantang menyerah, tabah, dll.

so, why do i love jakarta? i left my family here, i left my friends, i left my home, i left my hearts, i left my love, i left my fish, i left my turtle, i left every single memory that has shooted into my mind directly. i'll miss jakarta very much.

i hope, someday i'll have time to stay here once again, before i went for magister (?), or merried.

0 comments: