RSS

nilai-nilai kemanusiaan

gw adalah anak muda yang selama beberapa taun ini mengikuti berbagai oraganisasi kemanusiaan, lingkungan, human rights, dll. gw bukan anak yang gk memiliki pendirian dan gk ngerti tentang hidup.

dan dari situ, gw benar-benar menjunjung tinggi yang namanya kemanusiaan. sayangnya gk begitu dengan keluarga nyokap gw. menurut gw, setiap orang benar-benar memiliki haknya. gw gk suka dengan sikap yang selalu menyalahkan orang. jangan mentang-mentang orang itu bawahan kita, lebih miskin dari kita, tidak berpendidikan, lalu kita bisa menindasnya, menyalahkan apapun yang dilakukan, atau bermuka masam terhadap seseorang. gw gk suka itu! itulah mengapa gw selalu memperlakukan semua orang sama, bahkan ke pembantu gw pun gw berusaha bersikap sesopan mungkin. setiap orang gk berhak disalahkan, dihardik, dikomentari kalo dia gk mengganggu hak hidup orang lain.

gw emang bukan orang yang berpengaruh besar dan bisa mempengaruhi orang dengan argumen-argumen gw. gw gk suka berdebat. gw selalu menghindari perdebatan.

tapi walaupun gw gk bisa mengajak orang untuk bersikap begitu, gw gk pernah takut untuk menjadi orang pertama, menjadi orang di keluarga ataupun lingkungan gw yang perduli terhadap hak hidup orang seperti gw menjadi satu-satunya orang yang benar-benar peduli dan disiplin terhadap lingkungan hijau (mungkin) di lingkungan gw.

kalaupun gw gk bisa mengajak orang lain, paling tidak gw memulainya dari diri sendiri.

0 comments: