RSS

pelajaran bersyukur

hari ini inten firman sama andi k rumah gw, ada yg ngerjain remed, ada yg sakit, ada yg nyari2 resep. dan pada suatu saat, andi buka fb dari hpnya dan dia ditag suatu notes oleh teman kita, nacil.

nacil. nacil adalah teman kita yang sangat ramah, low profile, baik, down to the earth. dia ketua osis angkatan gw. namun pada suatu hari, dia sakit. dan kita semua bertanya2 akan peyakitnya itu, yg nampaknya tidak biasa karna membuatnya jarang sekolah. sangat jarang.

di notes itu, nacil menceritakan tentang awal mula ia sakit. mulai dari kena typus dan DBD sekaligus. dari situ, sudah banyak teman yang khawatir. alhamdulillah-nya setelah itu nacil sembuh dan kembali sekolah. namun tak berapa lama kemudian, nacil sakit lagi, gk masuk sekolah. begitu terus berulang2 sampali beberapa kali dalam beberapa bulan, sampai ia terlihat kurus dan tidak fit, dan belum ada kabar pasti mengenai penyakitnya. berbulan2 lamanya, gw gk liat dia sekolah. hasil periksa k dokter belum ada yg pasti katanya, ada yg leukimia, liver, hepatitis, bahkan hiv. tapi sepertinya ia sudah mendapat hasil pasti dari pemeriksaan yg sanagt lama ini, di notesnya itu, hari ini dia menyebutkan bahwa penyakit yang selama ini menyerangnya adalah penyakit LUPUS. lupus? apa itu lupus? pertama gw denger gw gk tau pasti apa itu penyakit upus. tapi setelah gw browsing dll, lupus itu semacam penyakit auto-immune. seganas kanker, dan gk ada obat atau penyembuhannya.

well. kalimat terakhir itu membuat gw merinding. haruskah kita kehilangan nacil yg dicintai semua orang? gk. kita gk mau.

tapi d samping itu.. dia begitu hebat. dari ceritanya d notes, penyakit ini menyerang dg sangat hebat. seluruh badan bisa sakitnya minta ampun, hampir lumpuh, gk kuat bergerak. d daerah pipi timbul ruam2, bahkan d seluruh tubuh. sariawan hampir d seluruh bagian mulut yg gk sembuh2. katanya, dia cuman bisa nangis sangking sakitnya rasanya. gk bisa ngeluh apa2 lagi. nyokapnya begitu sabar ngurusin nacil. a very strong singgle mother.

gw bener2 terharu saat baca notesnya nacil. gw salut sama dia dan keluarganya yg tabah, dan bisa menahan seua ini. gw inget, Allah menjanjikan tempat yg mulia bagi hamba-Nya yg kuat menjalani cobaan dari-Nya. dan menurut gw, nacil dan keluarganya sudah dimuliakan oleh Allah.

dari keadaan nacil, gw menjadi bener2 bersyukr atas apa yg ada d diri gw, yg gw alami, dan apa yg Allah berikan pada gw. semua itu berkah. coba bayangkan gimana kalo gw ada dalam keadaan seperti nacil? menangis kah gw? mengeluh kah gw? minta mati kah gw? mungkin gw gk akan sekuat nacil menghadapinya..

bersyukur adalah hal yg paling nikmat. apa coba yg udah gw rasain dibanding nacil? kehilangan bokap, divonis terkena penyakit yg gk bisa disembuhin, dsb, apa yg gw alami itu gk pantas direngekkan. kalau kita gk bersyukur, apapun akan terasa menyiksa. apapun akan salah, apapun akan kurang.
punya hp? pengen yg lebih canggih.
punya komputer? pengen laptop.
punya baju? pengen yg model terbaru.
uang jajan 100rb sebulan? gk cukup buat jajan.
punya ortu? gk pernah nurutin kemauan kita.
apapun, kalo gk disyukuri gk akan cukup, gk akan terasa manfaat dan nikmatnya. padahal, masih ada, bahkan banyak orang lain yg lebih menderita, lebih kekurangan, dan lebih butuh dibanding kita.

intinya, dari sini gw belajar untuk mensyukuri apapun yg ada d diri, keluarga, dan lingkungan gw.
kalo gw dapet rejeki, alhamdulillah, berusaha utk tidak tamak.
kalo gw merasa kekurangan, bersabar, ditahan, banyak orang yg lebih kekurangan dari gw bahkan yg lebih untuk emergency.
kalo gw diberi musibah, berusaha tabah, diterima dg hati dan pikiran yg dingin, masih ada orang yg cobaannya lebih berat dan semua hal itu oasti ada hikmahnya.
maka, banyak2lah megucap alhamdulillah atas apa yg kita dapat, baik yg udah rutin, maupun yg khusus. karna hanya dg bersyukur kita bisa merasa "cukup", dan tentu "Yang Memberi" juga senang kalo kita berterima kasih (bersyukur), kalo kita gk berterima kasih, suatu saat apa yg udah kita punya bisa diambil lagi, ato bahkan ditukar dg keadaan yg jauuuuuh lebih buruk..

nah untuk semua yg membaca, marilah kita menjadi orang yg bersyukur, dan jangan lupa doa untuk kesembuhan nacil ya! :D

1 comments:

Laras said...

ah sweet bgt dy...kasian liat nacil...gmn masa depannya, gmn kesembuhannya...pasti berat bgt itu ngejalaninnya

yaaa...ternyata masih banyak org yg lebih menderita drpd kita...makanya harus bersyukur :)